Rabu, 02 Desember 2015

latar belakang penelitian : PELAKSANAAN PROGRAM PENINGKATAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) DI SMP AR-ROHMAH DAU

1.1            Latar Belakang
Bidang pendidikan merupakan suatu faktor yang sangat penting dalam upaya meningkatkan kualitas kehidupan, di samping juga merupakan faktor penentu bagi perkembangan yang lebih baik terutama pada pendidikan Islam yang tidak hanya mementingkan iptek akan tetapi juga mengimbangi dengan imtaq. Pendidikan juga dipandang sebagai sarana paling strategis untuk mengangkat harkat dan martabat suatu bangsa. Maka dalam era globalisasi dewasa ini profesi guru menduduki posisi penting, karena menjadi teladan dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang handal dalam iptek dan imtaq.

Pada dunia pendidikan peserta didik dianggap sebagai produk dalam pendidikan, sehingga peran guru yang menjadi tenaga pendidik berperan sebagai produsen yang dapat memberikan jaminan tertentu suatu produk. Oleh sebab itu guru harus dapat berfungsi sebagaimana mestinya sesuai dengan yang diharapkan, yaitu: 1) Guru sebagai agen perubahan, sebagaimana dalam era transformasi yang begitu cepat, sosok guru diharapkan  dapat berfungsi secara efektif sebagai penggerak dan pelaku perubahan baik di bidang ilmunya ataupun dalam akhlaqnya, 2) Guru sebagai pengembang sikap toleransi dan saling pengertian, sehingga sangat diperlukan sikap saling pengertian dan toleransi antar seluruh umat manusia melalui proses pendidikan. 3) Guru sebagai pendidik professional, dimana guru dituntut memiliki pengetahuan umum yang luas dan keahlian khusus yang mendalam guna menjawab perubahan zaman dalam memajukan pendidikan.[1]
Dari tiga hal tersebut pada era global seperti saat ini peran sekolah semakin dituntut untuk berperan sebagai pusat pengalaman belajar. Dimana dalam lembaga pendidikan terutama Lembaga Pendidikan Islam guru tidak hanya menyampaikan pelajaran umun saja akan tetapi juga harus ada keterkaitannya dengan sumber ilmu yang ada dalam Al-Qur’an dan Hadits serta harus dapat menjaga kelakuan dan senantiasa memperbaiki aqkhlaq sesuai yang diajarkan oleh Agama Islam itu sendiri, maka dari itu dalam sekolah umum yang berlabel islam hendaknya guru harus memiliki dua bidang kompetensi yaitu umum dan dinyah (agama islam) dan memiliki akhlaq yang baik sehingga selain mengantarkan peserta didiknya sukses menuju dunia dan akhirat, maka lembaga pendidikan Islam sebelum memiliki cita-cita menjadikan peserta didik yang unggul baik hal iptek dan imtaq lebih awalnya lembaga harus memiliki dan menjadikan sumber daya manusia (SDM) sebagai tenaga pendidik yang juga  unggul serta memiliki mutu pada bidang tersebut.
Sebagaimana guru adalah sumber daya manusia pada lembaga yang dinaunginya serta bertanggung jawab dalam mempersiapkan peserta didik agar memiliki daya saing yang tinggi dimasa yang akan datang baik akhlaq maupun ilmunya. Oleh sebab itu profesionalisme guru perlu ditingkatkan melalui upaya peningkatan agar kualitas kinerja guru bisa mengimbangi berjalannya waktu dan selalu berkaitan dengan kompetensi akademik maupun kompetensi profesional yang sesuai dengan perkembangan zaman. Untuk mencapai mutu pendidikan yang baik, SDM sebagai tenaga pendidik maka diperlukan strategi dalam pengelolaan manajemen sumber daya manusia yang bisa memiliki fungsi dan aktivitas pokok dalam mengatur hal-hal seperti : 1) Perencanaan kebutuhan sumber daya manusia, 2) Pengadaan sumber daya manusia atau staf, 3) Penilaian dan kompensasi, 4) Pelatihan dan pengembangan, dan 5) Penciptaan dan pembinaan hubungan kerja yang efektif.[2]
Pengelolaan manajemen sumber daya manusia yang bisa memiliki fungsi dan aktivitas pokok dalam mengatur jalanya kegiatan pendidikan pada suatu lembaga diperlukan strategi dalam upaya meningkatkat kualitas kinerja SDM agar senantiasa terus meningkat dengan memberikan penghargaan sesuai dengan prestasi kerja yang dilakukan oleh SDM adapun  dasar dari pemberian penghargaan bisa diperoleh dan di terapkan melalui penilaian kerja dan kompensasi, dengan demikian fungsi penilaian prestasi kerja memiliki keterkaitan langsung dengan aktifitas MSDM seperti analisis jabatan, seleksi tenaga pendidik, pembayaran upah dan isentif. Selain hal itu program pelatihan dan pengembangan juga merupakan usaha peningkatan prestasi kerja para tenaga pendidik dan tenaga kependidikan saat ini dan dimasa yang akan datang dengan kegiatan pelatihan atau belajar untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan individu SDM untuk diaplikasikan dalam bekerja untuk lembaga dan untuk keberhasilan peserta didik.[3]
Sekolah Menengah Pertama (SMP) Ar-Rohmah Dau Malang yang akan dijadikan obyek penelitian merupakan SMP yang terdapat di dalam bagian Lembaga Pendidikan Islam Ar-Rohmah. Cukup baik dalam penerapan program-program upaya peningkatan kualitas SDM  diantaranya adalah tenaga pendidik dan tenaga kependidikanya, dimana pada sekolah ini menerapkan pendidikan sekolah Islam dan mewajibkan siwanya tinggal di asrama, dan lebih sering dikenal dengan sebutan Islamic Boarding School atau sekolah berasrama. Dan pembahasan yang akan menjadi obyek penelitian lebih mengarah kepada pengelolaan SDM di SMP Ar-Rohmah Dau yang meliputi faktor bagaimana perencanaan sekolah dalam merencanakan program peningkatan kualitas SDM, diantaranya upaya dan program-program manajemen SDM yang dilakukan sekolah sperti peraturan lembaga, peran pimpinanya, dan program-program pembinaan SDM-nya, selain dari perencanaanya juga akan di teliti bagaimana pelaksanaan program peningkatan kualitas SDM serta seberapa efektif dalam pelaksanaan program yang dilakukan sekolah dalam meningkatkan SDMnya, serta bagaimana evaluasi pelaksanaan program peningkatan SDM di SMP Ar-Rohmah Dau. Hal ini terlihat dari perencanaan program kerja SMP Ar-Rohmah tahun pelajaran 2014-2015 dalam hal upaya sekolah dalam meningkatkan kualitas SDM nya, oleh karena itu menarik untuk diteliti dengan judul Pelaksanaan Program Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia di SMP Ar-Rohmah Dau”.
1.2            Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut :
1.               Bagaimana perencanaan program peningkatan kualitas sumber daya manusia di SMP Ar-Rohmah Dau ?
2.               Bagaimana pelaksanaan program peningkatan kualitas sumber daya manusia di SMP Ar-Rohmah Dau ?
3.               Bagaimana evaluasi program peningkatan kualitas sumber daya manusia di SMP Ar-Rohmah Dau ?
1.3            Tujuan dan Kegunaan Penelitian
1.3.1       Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian adalah sebagai berikut :
1.               Mendeskripsikan tentang perencanaan program peningkatan kualitas sumber daya manusia di SMP Ar-Rohmah Dau.
2.               Mendeskripsikan pelaksanaan program peningkatan kualitas sumber daya manusia di SMP Ar-Rohmah Dau.
3.               Mendeskripsikan evaluasi pelaksanaan program peningkatan kualitas sumber daya manusia di SMP Ar-Rohmah Dau.

1.3.2       Kegunaan Penelitian
Adapun kegunaan dari penelitian adalah sebagai berikut :
1.   Secara Teoristis
a.      Penelitian ini diharapkan dapat member sumbangan teori dalam pelaksanaan program peningkatan kualitas SDM di SMP Ar-Rohmah Dau
b.     Penelitian diharapkan dapat menjadi sumber ilmu pengetahuan bagi generasi-generasi masa depan
2.   Secara Praktis
a.      Penelitian diharapkan mampu menjadi sumber ilmu bagi peneliti
b.     Penelitian diharapkan mampu mrnjadi inisiatif sekolah untuk meningkatakan kualitas tenaga pendidik dan tenaga kependidikannya.
1.4            Batasan Penelitian
Pada penelitian ini akan mengarahkan pembahasan mengenai upaya SMP Ar-Rohmah dalam program peningkatan kualitas SDM yang meliputi tenaga pendidik dan tenaga kependidikannya.


[1] Burhanuddin, Manajemen Pendidikan (Malang: Universitas Negeri Malang, 2003), 69.
[2] Ibid, 68.
[3] Ibid., 79




0 komentar:

Posting Komentar